Ukuran Itu Penting

Yes, size does matter. Meskipun tidak dalam semua hal, tetapi ukuran sering kali bisa menjadi awal dari sebuah permasalahan.

FYI, saya baru saja merubah background image blog ini, saya tetap memutuskan menggunakan warna hitam sebagai warna dominan dengan sedikit aksen bunga Dandelion di sisi kiri disertai protolannya (tolong, saya lupa bahasa Indonesianya).

Oke, mari kita kembali ke topik utama. It’s about the size, tentang besar atau kecil, panjang atau pendek, pokok tentang pentingnya sebuah ukuran.

Saya baru saja mengirim pesanan desain seseorang untuk souvenir pernikahan, kebetulan beliau minta pesanannya dikirim via email karena saya bilang kalau gambarnya tidak terlalu besar, maksud saya ukuran filenya tidak terlalu besar. Bagi kalian yang familiar dengan file vector tentu akan paham betul perbandingan file vector dengan bitmap, kalau masih belum paham bisa baca ini atau ini, file gambar berbentuk vector akan berukuran relatif lebih kecil daripada gambar berbentuk bitmap dengan dimensi yang sama.

Lihat gambar di atas? Okay, gambar di atas merupakan gambar yang dibentuk menggunakan vector. Pssttt .. Tebak berapa ukurannya? lalu klik kanan mouse kalian View Page Info lalu pindah ke tab media, atau klik link ini untuk mendownload. Dengan dimensi 1.923px Ă— 1.203px, gambar di atas hanya berukuran 18,61 KB atau sekitar 19.052 bytes.

Lalu apa sangkut pautnya dengan internet? blog? atau email? Speed. Kecepatan. Semakin kecil data yang kalian akses semakin kecil pula bandwith yang kalian gunakan, berarti juga semakin cepat file yang terkirim maupun diterima, dan semakin sedikit juga kuota internet yang digunakan. See??

Author: Sasono

Some say that I'm a monster.